Hari Museum Indonesia 12 Oktober 2020 Musium Batam Raja Ali Haji

Menjemukan … ngebosanin dan kuno!

Itulah pameo, ejekan paling pas yang dilekatkan orang kalau sudah membincangkan “museum.”

Maka, kendatipun dunia melalui International Council of Museums (Icom) telah menetapkan tanggal 18 Mei sebagai Hari Museum Internasional, gaungnya tidak sampai ke pelosok-pelosok. Orang-orang pada cuek. Membicarakannya saja sudah malas, apalagi sampai memperingati!

Kita sendiri, sejak tahun 1962 sudah menetapkan tanggal 12 Oktober sebagai Hari Museum Indonesia (HMI). Tapi, di tengah kealergian orang bertamu ke museum, toh tidak sedikit kota-kota yang disemati museum mumpuni, merayakan momen HMI dengan gempita. Lewat sarasehan, tour virtual hingga offline, langsung ke jantungnya.

Ini juga yang dilakukan Batam.

Meski masih bayi dan baru coba-coba merangkak. Museum Raja Ali Haji (MRAH) yang dikerek Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, hari ini diselamati, dirapali doa-doa biar para penggagasnya tetap punya spirit menyala-nyala. Pokoknya, museum harus segera buka!

Musium Batam Raja Ali Haji Hari Museum Indonesia 12 Oktober 2020

Musium Batam Raja Ali Haji Hari Museum Indonesia 12 Oktober 2020

Di pembuka speech..tetua Melayu, Datok Syahir Ibrahim, pelaksana harian Lembaga Adat Melayu (LAM) Batam, sempat berseloroh tentang museum yang menurutnya kerap dianggap menyeramkan. “Maka biar tak seram, Disbudpar harus kreatif buat iven2 bernafaskan budaya, tari, silat, permainan tradisional, dll.”

Sekretaris Daerah Kota Batam H. Jefridin Hamid yang mendapat giliran kedua berbicara, selain menekankan pentingnya eksistensi museum, ia mengingatkan bahwa silahturahim hari ini murni dimaksudkan untuk memperingati Hari Museum Indonesia. ” Kawan-kawan media, ini bukan pembukaan museum ya. Museum masih tengah digesa penyelesaiannya. Momen HMI kita jadikan sebagai pengingat agar Disbudpar Batam makin kerja ekstra keras rampungkan museum.”

Hari Museum Indonesia 12 Oktober 2020 Musium Batam Raja Ali Haji

Hari Museum Indonesia 12 Oktober 2020 Musium Batam Raja Ali Haji

Mengamini Sekda, Kadisbudpar Batam Ardiwinata berjanji akan membuka museum pada 18 Desember, bertepatan dengan Hari Jadi Kota Batam. “Unit Pelayanan Teknis (UPT)-nya sudah dirancang. Jadi ketika museum dibuka bisa langsung ngegasss!”

 

Ditulis oleh : Edi Sutrisno

  • Leave Comments